Monday, August 4, 2008

Makin ngeri, makin bagus?!

Kamis lalu, akhirnya aku nonton Batman: The Dark Knight. Kenapa kok 'akhirnya'? Coz yang aku denger dan baca tentang film itu, semuanya bilang kalau that film is so 'dark'. Nah, Nita yang memang manusia anti sadism and cruelty, jadi sangat males nonton Batman. Lagian, ngapain bayar mahal-mahal buat nonton ngeri-ngerian gitu?!


But, i tell you something friends! My boyfriend is a 'superhero lover' (-while Nita is definetely hate the superhero story hahaha...-). Jadi, bisa diduga...sejak itu film mulai nampang iklannya di koran, Anton sudah pasang sejuta rayuan untuk ngajak nonton. Apalagi setelah denger omongan dan imingan temen-temen yang bilang kalau filmnya keren, bagus. Yah, akhirnya diriku luluh juga (pasti JC bilang: 'Dasar Desi, anak pertama, ngalahan!' huehehe..)

So, berangkatlah kami ke gedung bioskop sepulang kerja (dan as usual, pasti datangnya agak telat hehehe..). Singkat cerita, aku memang ngeri abis sepanjang nonton film itu. Mana durasinya panjang! 2,5 jam bok!!! Dan adrenalinku dipaksa tegang terus...(inget ya, Nita tuh anti sadism and cruelty. So, jangan bilang aku hiperbola!)

Lega banget waktu filmnya selesaidan lampu bioskop nyala. Fiuuh...akhirnya usai sudah ketegangan (jujur ya, setelah nonton filmnya, aku merasa sedikit tahu kenapa kok Heath Ledger sampai meninggal karena OD)! Dan setelah nonton film itu, aku nggak habis pikir why everybody says that it's a good and cool movie! Well, visual effectnya memang bagus, sinematografinya oke, make-up si Joker juga realis. Dan memang, kesadisannya nggak dimunculkan secara terbuka. Tapi toh, tetap menimbulkan efek tegang dan ngeri kan?

Yang membuatku heran, komentar positif semua orang tentang Batman yang ini justru karena unsur kesadisan dalam filmnya. Everybody says that this film is the best Batman's movie series! This is the darkest Batman movie, but this is the best!
"The Dark Knight is strange, dark, grandiose and mad; it is overlong and overhyped but hugely entertaining."
(The Guardian- Friday 25 July 2008)

So, this phenomenon surprises me!
For me, it proves that the human's morality is certainly declining. Now, when you say "It's good", it doesn't refer to something beautiful or wonderful. But, it can also refers to something cruel and bad!

Well,
mungkin lagi-lagi diriku ini mikirnya berlebihan ya. Mungkin lebih banyak orang yang mikir, "Aaah, itu kan cuman film." Yeah, memang sih itu cuma sebuah film, tapi buatku sebuah filmpun bisa menunjukkan 'sesuatu', dan juga membuat kita belajar, rite?

Note:
Salah satu yang bikin aku jengkel adalah ketika liat banyak anak kecil waktu nonton film ini. Aku nggak habis pikir sama ortu mereka. Bisa-bisanya anak kecil di bawah umur diajak nonton film itu. Well, pelajaran buat para ortu, sebaiknya sebelum ngajak anaknya nonton film, sempatin dulu deh baca reviewnya atau cari-cari info tentang film itu. Jelas-jelas kan semua comment bilang kalau film ini 'dark', tentu saja bukan untuk porsi tontonan anak kecil kan?! Bayangin efeknya deh, biar cuma nonton 2,5 jam...ckckckk...

20 comments:

Jess said...

Miss, tolong dikoreksi, matinya Heath Ledger tercinta tersayang adalah karena keliru ngoplos obat.. Nah, mungkin obatnya bereaksi 'galak' sama dia... Jadi bukan OD lho, soalnya kesannya OD itu dia nge drugs... Kasian miss, sudah ga ada dirasani ae... kyaaa... saya beli t shirtnya joker lhoo..

dy_nita said...

@ jess: hm, saya sempet nganalisa gini:
emang saya tau dia ndak ngedrugs, cmn karena minum penenang gitu ya? nah, itu yang salah dosis dan menyebabkan dia melayang. tp, yang saya maksud tuh, bayangin...dia begitu menjiwai tokoh joker. bahkan sampe observe dengan cara mengunci diri sebulan dan menulis tentang 'hal2 apa yang mungkin dilakukan joker'(ini sih dapetnya dari koran). then, dia syuting berbulan2 jadi tokoh yang mengerikan gitu. jadi, dia pasti masih kebayang2lah, secara psikologis juga sedikit banyak mungkin ngefek. nah, perkiraan saya (boleh dong sok2an jadi conan), dia mau menenangkan diri dengan obat penenang, yg ternyata salah ngoplos ato salah kasih dosis...gitu deeh...
saya ndak nyalahin ledger loh Jes. saya cuman analyze efek filmnya...dan cara pandang dunia sekarang.

Anonymous said...

well..
di samping smua kengerian yang dipaparkan..
hehe
emang ngeri.. tapi beneran ini film luarrr biasaa..
bukan karena saya cinta kengerian, tapi saya juga doyan nonton SAW I-IV..
hahahahahahaaa...

ok2..baliikk..

cerita yang diusung kali inilumayan berat. jadi ga cuma crita superhero biasa pada umumnya.
bahkan, menurutQ, anak2 yang nonton pasti GA NGERTI samma maksud keseluruhan cerita yang diusung Batman kali ini.
heheheeeeeeeeeeee..

bener ga, Misssssss?????
hohohohohooo...

@ Jess.. beli di mana??
aq jg mauuuuu... *hix*
i love heat since junior High School....

---eva---

EVATARIDA said...

miss, kok ga bisa yah kasih omen pake accountQ????
*hix*

Jess said...

Kasian ya miss, sudah liat anaknya belum, puersis papanya... dan katae michelle sempet dihantui (ini kata majalah), barang2nya yang dikasi dari Heath gerak sendiri, trus dia dimimpii Heath yang minta maaf telah meninggalkan dia mengasuh anak sendiri...

Semoga perannya membuat dia jadi paling ga nominasi Oscar kek, ato minimal kategori Best Villain nya MTV Movie Awards (harus menang)... Soale serem miss...

Jack Nicholson aja pernah memperingatkan ini adalah peran bahaya..

EVATARIDA said...

lho, kok skrg bisa????

hadduuhh

*bingung*

EVATARIDA said...

jesss..
kaosnya beli di mana....

titip...
ukuran S atw M..
yayayayaa..
dibayar kok...

Jess said...

@eva,
beli di toko khusus batman dkk va di Jakarta... Kyaa, kapan lagi ya to...
Iya, Batman kali ini tidak 'warna warni' dan sedikit konyol dari 4 pendahulunya yang sebelum Batman Begins...Inget kan toink2nya Batman pas ada Robin, Cat Woman, Poison Ivy, dkk...
Ciri khas Christopher Nolan: gelap, aneh, misterius..Ckckck, good job Nolan..

Jess said...

Lho eva, saya kan sdh pulang Sby gt...

Jess said...

WHY SO SERIOUS??! >>> ngemeng ala Joker...

EVATARIDA said...

nolan loves Bale so much, klihatannya..
hahahahaaaa...

emang nih cerita superhero yang paling tidak anak2..

ingat2 deh, cerita superhero mana yang ceweknya mati???
hehehe..

lho, Jess... di sby ga ada yaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa
*hix*

mmaaaaaaaaauuuuuuuu..
sapa yang masih di JKT?

Jess said...

Gak ada Eva... Oiya, ini tokonya khusus jual kaos2 superheronya Marvel...

Nolan cinta Bale sehingga kembali merekrut dia di The Prestige setelah Batman Begins...

Ngemeng2, Maggie Gyllenhall ga cocok!!!!!

ada sih, cuman X Men, endingnya ga bahagia amat, Jean Grey sama Cyclops matekk...(mekso)

dy_nita said...

@ jess& eva: ya ampyuuun anak2!! kalian kok malah ngrumpi di blognya orang? hahaha...
saya jadi speechless! hahaha...
Yup, saya tahu Nolan tuh ciri khasnya gitu...fiuuh..
yang pasti, saya lebih senang kalo orang muji film ini karena unsur2 sinematografinya, ato aktingnya, ato visual effectnya, ato semacamnya deh. jangan karena unsur kejamnya...*hiks*
dan yang jelas, saya sangat tdk setuju sama ortu yang asal ngajak anaknya nonton film!
hm, superhero yang ceweknya mati?? hm...hm...hahaha..saya kan tidak suka superhero, jadi pasti tdiak ingat :D
saya mau kaosnya disney aja :p kalo disney saya ngefans...(so childish ya!!)

dy_nita said...

btw, saya ngefans ledger waktu main di patriot. sayang mati :(

Anonymous said...

hem... kalo aku ygg jadi joker, keren, deh... hwehehwhwee.....

Jess said...

Kan saya sdh blg, aktingnya Heath lebih baik jadi nominasi Oscar saja, walau film 'fantasi' di Oscar jarang berjaya kecuali LOTR.. Cuman Heath pantas masuk setara Johnny Depp yang juga masuk lwt perannya di POTC 1... Mirip kan? Heath pantas masuk, bukan cm sekedar gambar 3 detik di bagian "In Memoriam" Oscar taun lalu..Aheee

Tha..^^ said...

batman yak.. harvey dent-nya cakep yak :D
huhuhuhu..*ganjen mode on*

Anonymous said...

kompleksitas plotnya memang lain dari yg lain
tapi merubah karakter yang udah dibangun berpuluh tahun secara drastis... memporak-porandakan pakem film superhero ke psychothriller? waduh...

batman begins jadi awal yg beda dalam trend memanusiawikan superhero, tapi tetap berpijak di konsep film superhero.


btw...salam kenal, mbak ;)

Valen-CIA said...

wahhhh....saya juga suka banget film batman kali ini...
menurut saya ini film super hero paling keren yang pernah saya liat...

habis nonton ini, saya langsung ga kunjung berhenti diskusi sama temen-temen...

ceritanya, kayaknya realistis n dalem banget...

kayaknya emang di setiap kedalaman hari seseorang, terutama di saat terdesak, bener2 diuji, sisi baik-buruknya....

haduh...adegan favorit aku waktu si narapidana berbadan gede mbuang remote peledak itu... so sweet!!!!!
keren!!!

btw, takpikir 18 comment iku sopo ae sing ngisi
lha kok bekisar antar eva n jess aja..... dassarrr

Anonymous said...

mamii, ikutan nimbrung
wakakakaka
1ST!! SAPA YANG BILANG FILM BATMAN THE DARK KNIGHT BAGUS???????@#$%^&^%$#@#$ (pake gaya ngomelnya donal duck) itu seri batman yang paling parah lagi. kalo judulnya THE JOKER mah kena banget. tapi it's so not BATMAN and either hand, it's so JOKER..kayanya emang si heath hidup cuma untuk film ini aja..
"why so serious??" hehehehe. waktu nonton film ini, satu hal yang paling nancep di hati adalah... gila inside this mad guy, tersimpan sebuah teori hidup yang menarik. "I do what i want to do and i do it cleverly while i'm not take it so seriously and that things should effect to another people surround me while they got the punishment for what they think and do to the other" hehehe gila nggak??? itulah kena dia bisa merampok satu bank dengan banyak anak buah tapi hasilnya bisa dia nikmati sendirian... HE JUST SIMPLY KILL THEM ALL WITH JUST (technically) ONE SHOT to ONE GUY!!!
but..above all that..momi...
anakmu ini juga nggak doyan film kekerasan hehehe jadi aku juga ngga terlalu seneng dengan film batman yang terakhir ini...kayanya nggak mengajarkan apa2 yang positif deh... just kill, kill, balas dendam, no mercy, etc etc..
oh ya.. one thang i learn "semua orang bisa berubah..zero to hero maupun hero to zero" wakakaka kaya si two face..so don't trust 100% to people but keep your faith and trust 100% to GOD..thats all

anak yang hilang.........
mami inget aku nggak!!!!!
btw i need your skill for my previous project neh..call me yah.