Tuesday, May 13, 2008

Tentang emosi

Aku baru aja ngisi quiz tentang emosi ^0^ Pingin tau nih, apa aku termasuk orang yang emosian, mendem emosi, ato sabaaar...hehehe..maunya sih dinilai sabar, tapi apa daya ini hasilnya:

Anda Memendam Emosi Anda

Oh dear…Anda selalu memendam emosi karena khawatir lingkungan terganggu jika Anda bersikap emosional. Cara ini memang tidak membuat Anda kehilangan teman-teman, namun jika Anda tetap memelihara sikap seperti ini, tidak pula baik untuk Anda. Orang akan memberi Anda masalah berulang-ulang kali karena mereka tidak tahu bahwa Anda terganggu karena sikap mereka tersebut. Sebuah penelitian memaparkan, bahwa orang yang selalu menahan marah mempunyai kecenderungan terkena serangan jantung atau kanker lebih besar daripada mereka yang bisa mengeluarkan emosinya. Hilangkan pemikiran bahwa marah menjadikan Anda akan kehilangan segala-galanya. Marah adalah salah satu cara untuk mengekpresikan perasaan Anda. Jika perlu, lakukan. Asalkan pihak lawan juga Anda beri pengertian mengapa Anda marah kepada dia.



Nah lho! Tapi emang sih, kalo diingat-ingat, Nita itu orangnya suka mendem. Di mana saja, pada siapa saja, kapan saja (duh, lengkapnya!), kalo marah, jengkel ato kecewa, Nita lebih suka diem, keliatannya nggak marah. Tapiiii, sebenernya Nita mendem lho! Daaan, lain kali kalo orang yang sama melakukan kesalahan yang sama lagi, mungkin 2-3 kali masih diem, but then..it will explode!! Entah Nita jadi meledak-ledak sama orang itu, entah tangisan Nita yang meledak (gara-gara sakit hati), entah kepala yang mau meledak. Duuh...pokoknya nggak bagus deh hasil akhirnya!

Anton sering sangat bermasalah tentang kebiasaanku mendem amarah. Kalo aku jengkel ato marah sama dia, aku dieeeem aja. Kalo ditanya, jawabnya, "Nggak apa-apa." Tapi, sikapnya itu loh keliatan 'ada apa-apa' hehehe...Akhirnya aku dilatih untuk selalu ngomong kalo lagi marah, jengkel, kecewa. Nah, masalahnya lagi...kalo aku disuruh langsung mengungkapkan amarah, bisa-bisa aku langsung nyolot dan ngomong dengan kasar dan nada tinggi. Duuh..ternyata ngontrol emosi tuh nggak gampang ya??!!

Huff...kayaknya mesti belajar terus...mesti latian terus...Doakan saya T.T

* btw, kalo ada yang mau nyoba quiznya, klik di sini ya

3 comments:

Ika Devita Susanti said...

ce.... mendem sesuatu padaku ga?

(harap2 cemas)

Anonymous said...

hm...ada ga ya...ada ga ya...
wah, terlalu dalam mgkn mendemnya...
ntar aja kalo pas mau meledak pasti inget :D hahaha...

Oma Nia said...

hueheuheue,.. kok sama? :P