Friday, June 13, 2008

Malu karena malas!

Setelah beberapa bulan bergelut dengan rasa nyeri di punggung, akhirnya diriku memberanikan diri check up ke dokter spesialis tulang.

Huahaha…pasti kalian heran, napa nih anak kok sampe harus nyamperin dokter spesialis penyakit yang biasanya menghampiri orang berusia uzur hihihi….

Soalnya, nyeri di punggung ini sudah sangat mengganggu. Beberapa kali malah hampir nggak bisa berdiri tegak. Waktu tidur juga nggak nyaman karena sakit.

Dari awal, sakit ini memang udah bikin aku agak malu. Gimana enggak? Masa nona berusia 25 tahun sudah merasakan encok pegel linu kayak kakek nenek hahaha….

Tapi yah…karena udah makin mengganggu, akhirnya ke poliklinik tempat kerjaku. Sama dokternya disuruh roentgen! Waks! Bakal mahal bok! Mana belum urus askes! Tapi, Tuhan itu memang sangat baik! Ternyata papa punya temen yang dokter spesialis tulang…Nah, kupikir, aku minta diperiksa dulu aja, siapa tau nggak perlu roentgen.

So, berangkatlah aku diantar papa ke tempat prakteknya hari Senin kemarin. Nama dokternya: Prof. Dr. dr. Djoko Roeshadi Sp. OT FICS

Wah, keren ya? Seumur-umur, baru kali ini aku check up ke Profesor. Maklum, aku termasuk orang yang paling alergi kalo disuruh ke dokter. Paling banter ke cuman ke dokter umum, itupun di poliklinik. Makanya, bangga juga waktu sampai di tempat praktek dokternya. *hik…udik!*

Masuk ke ruang tunggu, lenyap sudah kebanggaan! Celingak-celinguk…ternyata pasien-pasien yang lagi nunggu memang layak punya masalah tulang. Ada yang udah tua, ada yang pake kruk, ada yang hamil.

Hantaman kedua, waktu ke bagian admin.

Admin : Nama pasien?
Aku : Desi Yoanita
Admin mendongak keheranan
Admin : Yang sakit siapa?
Aku : Saya

Dieeng! Pasti tadinya dia pikir yang sakit papa, dan aku cuma nganter. Hiks…

Hantaman ketiga, masuk ruang praktek dokter. Asisten dokter (AD) nanya.

AD : Yang sakit siapa?
Aku : Saya..
AD menatap heran juga
AD : Umur?
Aku : 25
AD menghela nafas…

Selanjutnya tiba waktunya untuk diperiksa. Dipijet-pijet, disuruh angkat kaki, disuruh bungkuk ke depan dan belakang.

Hantaman terakhir….

Dokter : Olahraga?
Aku : jarang (pelan…)

Olahraga??? Kapan ya terakhir kali olahraga? Nita..nita...

Thank God….akhirnya dikasih obat minum dan salep, nggak perlu roentgen. Dua minggu lagi disuruh kontrol. Tapiii….keluar dari dokter, aku malunya minta ampun! Masih muda, tapi penyakitnya orang sepuh. Udah gitu ternyata masalahnya sepele: kurang olahraga!! Gitu aja sampai perlu diperiksa Profesor segala. Wes…wes…bikin malu bangsa dan negara!

O ya, waktu ambil obat di apotek…petugasnya dengan ramah bertanya, “Siapa yang sakit Mbak?”

“SAYA!”

*habis ini mesti nyari waktu buat senam kesegaran jasmani nih!*

9 comments:

Anonymous said...

Lha, jadinya penyakitku ini podo wae toh Nit? Soalnya aku juga ngerasa encok pegel linu di punggung en pinggang bagian bawah. Dibawa tidur juga gliyengan sakit...ternyata, itu cuma karena kurang olah raga?

Owww...
Bagus deh, jadi aku ga perlu ke dokter tulang en malu, biar kamu saja, makasi ya buat infonya.
Wekekekekek :P

dy_nita said...

lho, kamu ya krasa gitu ta reth?? wah, apa nona2 muda zaman sekarang ini memang mengalami penuaan dini ya?
iyo reth, banyak2 olahraga! btw, kenapa diriku yg hrs menanggung malu sendiri hiks...

Danie Cung Cung said...

wew..
anda punya masalah tulang belakang??

kalo saya tulang saya semua bermasalah..
*kok gag gede2??* *sigh*

get well soon miss..
rajin2 olahraga berat..

contohnya.. catur, puzzle..

dy_nita said...

walah danie...
udah gitu olahraganya pake komputer hahaha...
wes..wess..

Reny.. said...

hoo..ini sebabnya mizz gak dateng pas kelas teakir itu yha ? hehe..

skarang udah sembuh, mizz ? mudahan udah..^^

kalau mau olahraga yang gak terlalu berat ya yoga aja, mizz..hoho..

Oma Nia said...

kamu mustiny bilang nit, "saya olah raga, dok! olah raga jari! tiap hari ngetik ama ngeklik mouse!" :P heheheh

nit, kalo ga ada waktu buat olah raga yg proper, kamu lebih banyak jalan aja. misalnya sering naik tangga, atau kalo diantar jemput Anton, minta diturnkan/dijemput di tempat yg agak jauh, biar bisa sedikit jalan. trus tiap 30 menit sekali usahakan berdiri dr tmpt duduk dan jalan. ambil minum kek, jalan2 keliling, atau liat berondong kece :P heheheh en of course, MINUM AIR PUTIH YG BANYAK!!

tapi kalo uda keukeuh mo olah raga, ayoo, saya menawarkan diri jd partner renang :D

dy_nita said...

@ reny: yup, kapan hari emang gak masuk kelas coz punggung sakit banget n ga kuat buat naik ke lantai 4 (duuh, kayak nenek2 umur 70 ae ya!). anyway, thanks 4 ur caring :) sekarang masih kumat2an, tapi udah better coz dikasih obat n salep. kalo lupa ga ngasih salep or minum obat, masih kumat. apalagi kalo salah posisi tidur ato duduk.
@ nia: yg pasti olahraga mulut n rahang nie hahaha...
ya, tp at least sekarang aku dah mulai merubah pola hidup, mulai banyak gerak kalo pas ngantor. kalo jalan mestinya sih udah. rencana terbaru: rutin senam (bareng temen kantor) n renang :)
semoga semangatnya awet hehehe...
ayo deh kapan2 renang bareng!

leipzic said...

aku juga ada sakit di punggung gitu, tapi nggak terlalu mengganggu sih, dan itu kejadian kalau lagi capek aja.
kurang olahraga? pastinya... banyak hal kan yang bisa dilakukan di tempat kerja. Sekedar senam2 sedikit gak masalah kan?
masak masih muda udah kayak kakek nenek, hehehe...

Anonymous said...

wakakaka...

olah raga mi..thats the key

tak kasi porsi olah ragaku ya..
here2:

1. tiap 2 hari sekali bangun pagi jam 5.30 terus keluar rumah pemanasan 15 menit..terus jalan keliling kompleks sepanjang 1 gang, berikutnya digang sebelah lari sepanjang gang. terus digang sebelahnya jalan lagi, di gang sebelah lari lagi...diulangi sampe bisa lari 3 gang....pulang rumah jalan kaki..sampe dirumah pendinginan...
2. malam hari..tiap 3-4 hari sekali berenang malam (cari tempat yang paling bersih dan murah ---> kalo aku biasanya di graha family club house, cuma 10rb doang udah dapet loker ama bisa mandi disana)

nah untuk penyedap rasa (penyemangat) here i do:
1. untuk jogging, aku beli sepatu running yang mahal punya (krang lebih 300rb) jadi kalo nggak dipake pasti merasa eman hehehe...sama aku beli ipod nano (yg ini alternative bisa juga pake hand phone yang ada radio biar waktu jogging bisa dengerin lagu2)
2. untuk berenang malam, aku beli celana renang (yang seksi) dan kacamata renang (yang buening) jadi kalo pas renang bisa melihat ketenangan dibawah air plus "pemandangan2" lainnya.

the result is:
1. kalo yang jogging pagi hari...aku bisa merasa lebih segar dan justru paling dekat dengan Tuhan justru dipagi hari (ingat Tuhan juga berjalan2 di pagi hari di taman eden) plus...karena oksigen yang berkelebihan, badan segar sampe malam..hehehe
2. berenang malam, nah ini..kalo bener2 berenangnya sih efeknya stamina badan kita lebih terjaga, pernafasan juga lebih baik..efek sampingnya.. kalo stress bisa lebih rilex, kalo pegel2 bisa lebih enak badannya, kalo butuh cuci mata....hehehehe you know lah..

you do all that..dijamin mi...no more sick and stress in life...
cheap, fun, and healthy