Friday, April 4, 2008

Ikut tegang

Pagi ini, sebelum masuk ruang kerjaku, seorang mahasiswaku mendatangiku. Dia 'melaporkan' jadwal sidang kolokiumnya*. Anak ini adalah mahasiswa semester 7, dan selama ini memang sering diskusi denganku tentang topik kolokiumnya. Ketika dia memberitahu jadwalnya, dengan antusias aku melangkah ke papan pengumuman untuk melihat langsung jadwal yang tertempel. Selain dia, ada tiga anak lagi yang sering diskusi denganku. Aku memperhatikan jadwal mereka satu per satu. Tiga dijadwalkan hari Senin, satu lagi hari Rabu...

Hm...ada perasaan deg-deg'an...Hehehe...padahal bukan aku yang akan disidang. Tapi ya aku ikut tegang karena aku tahu perjuangan anak-anak ini, dan aku tahu ada beberapa kelemahan pada kolokium mereka. Yah, namanya juga masih kolokium, pasti masih ada lubang di sana-sini. Salah satu hal yang bikin mahasiswa kolokium grogi adalah siapa yang akan jadi dosen penguji mereka. Jujur, aku pun penasaran, siapa yang akan menguji mereka. Sejak beberapa waktu lalu aku berharap mereka diuji dosen-dosen yang memang menguasai betul topik mereka. Jadi, mereka tidak hanya dibantai, tapi juga diberi masukan yang memang berarti untuk penelitian mereka.

Nah, tadi waktu aku sempat ngobrol dengan rekan dosen tentang jadwal rapat, ternyata rekanku itu menunjukkan jadwal sidang kolokium. Beda dengan yang ditempel di papan pengumuman yang hanya mencantumkan waktu dan tempat, di jadwal rekanku ini ada nama-nama dosen penguji! Aku sempat melirik nama-nama yang akan menguji 'anak-anakku'. Tentunya aku tidak bermaksud untuk membocorkan pada mereka. Tapi, ada rasa kecewa juga, karena nama-nama itu kurang sesuai harapanku. Mereka akan diuji oleh dosen-dosen yang hanya kuat pada teori, tapi kurang pada aplikasi dan metode. Aku khawatir anak-anakku hanya akan dibedah dari segi teori dan aturan-aturan penelitian, bukan pada content.

Fiuuuh...tapi jadwal sudah dibuat, dan tidak mungkin diubah. Yang bisa kulakukan sekarang adalah mendoakan mereka. Tuhan tahu yang terbaik buat mereka, dan kuasa Tuhan jauh lebih besar dari siapapun, termasuk dosen penguji (sudah mengalami sendiri hehe ^_^)

Pray for Ananta, Christian, Eco, and Ika...Hope all the best for them..I send these verses for them:

The LORD is my shepherd; I shall not want.
He maketh me to lie down in green pastures:
he leadeth me beside the still waters.

He restoreth my soul:
he leadeth me in the paths of righteousness for his name’s sake.

Yea, though I walk through the valley of the shadow of death,
I will fear no evil: for thou art with me;
thy rod and thy staff they comfort me.

Thou preparest a table before me in the presence of mine enemies:
thou anointest my head with oil; my cup runneth over.

Surely goodness and mercy shall follow me all the days of my life:
and I will dwell in the house of the LORD for ever.

- Psalm 23 -

* Kolokium = proposal skripsi

1 comment:

Ika Devita Susanti said...

yang nguji aku sapa ce???

kok namutin gitu??